Kamis, 29 Agustus 2013

Radar Sekunder (Secondary Surveillance Radar)

Radar sekunder

Pada radar sekunder set pesawat harus memiliki transponder dan transponder ini merespon interrogasi dari Radar dengan mengirimkan sinyal balasan kode.
Tanggapan ini dapat berisi lebih banyak informasi , dari unit radar primer dapat memperoleh ( Misalnya ketinggian , kode identifikasi atau juga masalah teknis di pesawat seperti kehilangan kontak radio) .



Prinsip operasi

Pada interrogator di ground station mentransmisikan kode pulsa dengan modus yang berbeda . Setiap modus merupakan pertanyaan yang berbeda . Untuk Radar sekunder konvensional ( bukan mode-S ) menggunakan pertanyaan yang sangat sederhana . Jika controller ingin mengetahui identitas pesawat "Siapakah kamu?", Radar ini dapat memberikan posisi pesawat dengan dua dimensi, tetapi ATC (Air Traffic Control) sangat kompleks sehingga diperlukan proses 3 dimensi , sehingga menggunakan pertanyaan "Berapakah tinggimu? " untuk melengkapi informasi posisi . Pertanyaan-pertanyaan yang berbeda menentukan mode operasi . Para pesawat transponder melakukan balasan dengan kode.
Mode yang dipilih dikodekan dalam Coder tersebut, dengan modus yang berbeda, pertanyaan yang berbeda dapat didefinisikan untuk pesawat. Pemancar memodulasi impuls kode dengan frekuensi RF. Karena frekuensi yang digunakan berbeda antara interrogation path dan reply path dari pesawat, maka duplekser mahal dapat ditinggalkan. Antena ini biasanya dipasang pada antena unit radar primer dan disinkronkan ke monitor.
Sebuah antena penerima dan transponder berada di pesawat . Penerima menguatkan dan melakukan
demodulasi impuls interogasi . Decoder menerjemahkan pertanyaan sesuai dengan informasi yang diinginkan dan menginduksi coder untuk mempersiapkan jawaban yang cocok. Coder bertugas mengkodekan jawabannya. Pemancar menguatkan impuls replay dan memodulasi ini dengan RF pada frekuensi reply. Sekali lagi dalam interogator di ground station Radar : Penerima menguatkan dan demodulasi impuls replay. Jamming dan interferensi sinyal disaring sebaik-baiknya pada taha  ini. Dari informasi "Mode" dan "Kode", decoder menerjemahkan jawabannya. Tampilan pada radar primer merupakan informasi tambahan interogator . Untuk melengkapi, informasi tambahan dapat ditampilkan pada layar tambahan.

Dikutip dari: Radar Tutorial Book 2 (radartutorial.eu)
Penulis : Christian Wolff

Tidak ada komentar:

Posting Komentar